Menyembunyikan bar menu admin WordPress

Berikut adalah 3 cara menyembunyikan bar menu admin WordPress. Kebetulan versi WordPress yang saya gunakan adalah WordPress yang berbahasa Indonesia. Bagi yang berbahasa Inggris silakan poin-poinnya diterjemahkan sendiri saja.

  1. Masuk ke menu Pengguna, kemudian pilih Profil Anda. Pada rincian Bilah Perkakas, hilangkan centang Tampilkan Baris Perkakas ketika mengunjungi situs. Kelebihan metode ini adalah caranya sangat sederhana. Kelemahannya adalah kita tidak bisa menghilangkan menu bar untuk pengguna yang lain yang juga terdaftar di website WordPress yang sama. Pengaturannya harus dilakukan satu per satu melalui menu Pengguna > Semua Pengguna, kemudian lakukan penyuntingan di setiap profil pengguna yang lain.

  2. Menggunakan plugin WP Hide Admin Bar. Install plugin tersebut kemudian buka Pengaturan, selanjutnya pilih WP Hide Admin Bar Setting. Lakukan pengaturan sesuai dengan yang diinginkan.

  3. Tanpa mengunakan plugin, yaitu dengan melakukan penambahan kode pada file functions.php yang ada di folder tema yang digunakan. Kode yang dimaksud adalah show_admin_bar(false);. Kode tersebut digunakan untuk menghilangkan bar menu seluruh pengguna. Jika bar menu semua pengguna dihilangkan kecuali administrator, maka gunakan kode berikut.
  4. add_action('after_setup_theme', 'remove_the_admin_bar');
    function remove_the_admin_bar() {
        if (!current_user_can('administrator') && !is_admin()) {
            show_admin_bar(false);
        }
    }
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghilangkan titik item daftar urutan HTML

Cara Mengimpor Koordinat Titik (Point) dari Microsoft Excel ke QGIS

Cara backup dan restore WordPress ke localhost

Ganti kode footer Datenstrom Yellow

Cara update QGIS tanpa uninstall versi sebelumnya